Berbagi dan Peduli di Bulan Suci

Diposkan oleh Tarbiyatun Nisaa - Rabu, 02 September 2009, 22.10 Kategori: - Komentar: 0 komentar

Kemuliaan apakah yang ada di bulan Ramadhan ini? Pertama, diwajibkannya shaum selama satu bulan penuh. Kedua, diturunkannya Al Qur’anul Karim kepada Rasululllah Muhammad SAW, sebagai petunjuk bagi manusia, agar tidak tersesat, selamat, sejahtera dan bahagia di dunia dan di akhirat. Ketiga, Ramadhan memberikan kesempatan terbuka dan seluas-luasnya kepada kaum muslimin, untuk melakukan beragam amal kebaikan, baik yang berhubungan dengan penataan  kesholehan individual maupun penataan keshalehan sosial (maslahatul fardiyyah wal ijtima’iyyah). Bahkan dalam salah satu hadis qudsi disebutkan, setiap amal kebaikan yang dilakukan oleh orang muslim, Allah akan membalasnya dengan 10 kebaikan, terkecuali ibadah shaum. Shaum adalah ibadah untuk Ku, dan terserah Akulah untuk membalasnya tanpa batas (no limit).

Ramadhan, disamping  sarat dengan ragam ibadah ritual spiritual, seperti imsak, tadarus al Qur’an, qiyamullail (tarawih), wirid, dzikir dan istighfar, namun tersirat pula di dalamnya nuansa kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama, sehingga bulan Ramadhan disebut pula bulan kasih sayang atau solidaritas  sosial. Jenis ibadah pertama diistilahkan dengan ibadah mahdhoh yang berdimensi vertikal individual, sedangkan yang kedua disebut ghoir mahdhoh yang berdimensi sosial horizontal. Keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-

Islam tidak mengenal pemisahan (dikomotis) antara keshalehan individual dan sosial. Walaupun secara individual orang rajin beribadah, shalat, haji, puasa, tadarus dan kegiatan ibadah lainnya,  namun ternyata secara sosial,  tidak membuahkan hasil atau kurang peduli dan empati terhadap penderitaan atau kekurangan yang dialami oleh sesamanya, maka orang itu disebut sebagai pendusta agama (mukadzibu biddin). Seperti halnya ibadah shalat, diawali oleh takbiratul ihram serta di dalamnya berisi doa pengagungan kepada Allah SWT dan diakhiri dengan salam, melihat ke kanan dan ke kiri, sebagai simbol  pesan perdamaian, kesejahteraan, saling membantu dan empati kepada sesama.

Untuk itu, kesempatan Ramadhan yang baik ini, harus benar-benar dimanfaatkan, dengan melakukan berbagai amal kebaikan, baik yang berhubungan dengan peningkatan kualitas diri sendiri, maupun peningkatan kualitas kehidupan kebersamaan sosial. Ada jaminan, bila kita sering melakukan kebaikan, maka Allah akan memberikan balasan dalam bentuk rasa bahagia, keberkahan, kemurahan, kemakmuran, kesejahteraan dan keberlimpahan, tanpa diminta bahkan tak terduga, apalagi di bulan Ramadhan yang penuh rahmat, barakah dan maghfirah ini.


Salah satu amal kebaikan Ramadhan yang bisa Bapak/Ibu/Sdr/Sdri lakukan adalah membantu program kegiatan Ramadhan yang rutin tahunan diselenggarakan oleh Yayasan Wakaf Tarbiyatun Nisaa Bogor dalam bentuk kemasan PROGRAM SYI’AR RAMADHAN 1430 H.



Bagi yang ingin berbagi dan peduli, silahkan untuk berinvestasi dan berpartisipasi melalui Rekening Yayasan Wakaf Tarbiyatun Nisaa di BRI Unit Semplak Bogor No. Rek. 0811-01-023458-53-0

0 komentar

Poskan Komentar