TERNYATA, SEMUA BERASAL DARI FIKIRAN

Diposkan oleh Tarbiyatun Nisaa - Minggu, 30 November 2014, 03.43 Kategori: - Komentar: 0 komentar

Jaga Fikiranmu, 
karena akan ia jadi kata-katamu,
Jaga Kata-katamu, 
karena ia akan jadi perbuatanmu,
Jaga Perbuatanmu, 
karena ia akan jadi kebiasaanmu,
Jaga Kebiasaanmu, 
karena ia akan jadi karaktermu,
dan jaga Karaktermu, 
karena ia  akan jadi Nasibmu.
Dalai Lama
 
Anugerah terbesar yang Allah berikan kepada manusia, dan tidak diberikan kepada makhluk lainnya, adalah kemampuan berfikir. Berfikir merupakan perpaduan getar otak dan hati. Orang yang berfikir, berarti sedang mengaktifkan energi otak dan hatinya, untuk menjawab, memecahkan atau merespons masalah yang dihadapi, atau mengimajinasikan sesuatu yang diimpikan atau dikhayalkannya. Dan ternyata, perkembangan kehidupan manusia, termasuk di dalamnya, pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, semuanya merupakan produk fikiran. Ditemukannya alat-alat sederhana seperti sapu, kesed, tikar, sendal, bantal, guling, kasur, sepatu, atap bambu, kursi, meja sampai ke benda-benda rumit seperti lampu listrik, Kereta Api, Mobil, Motor, Telephon, TV, Alat-alat kedokteran, Pesawat Terbang, Pesawat Ruang Angkasa, Satelit, Komputer, internet, dan benda-benda lainnya, ternyata semua bermula dari FIKIRAN.
Tidak hanya pada tataran benda saja, ternyata sistem ideologi kehidupan berbangsa dan bernegarapun, berawal dan berakar dari produk fikiran. Kita kenal berbagai ideologi yang berkembang di dunia dan dianut oleh banyak bangsa, diantaranya Komunisme, Kapitalisme, Sekulerisme, Liberalisme, Individualisme, Sosialisme dan yang lainnya, termasuk Pancasila yang dianut bangsa Indonesia. Betapa dahsyatnya kekuatan FIKIRAN ini, dari seseorang bisa mempengaruhi bahkan menjadi anutan ratusan, ribuan sampai jutaan orang lainnya. Walaupun pencetusnya sudah lama tiada, namun ternyata buah fikirannya masih tetap dianut setia oleh sebagian manusia di berbagai belahan dunia.
Dan tak kalah menarik, perkembangan dunia internetpun yang sedang berkembang pesat saat ini, tidak terlepas dari buah fikiran kreatif sebagian anak manusia. Kita kenal Google, Blogspot, Yahoo, dan yang sedang ngetrend bahkan booming akhir-akhir ini, FACEBOOK, WHATSAPP, LINE, BBM, WECHAT, INSTRAGAM, TWITTER dll. Kemunculan dan kehadirannya, memberikan manfaat dan pengaruh luar biasa pada kehidupan manusia. Suasana hubungan komunikasi sosial manusiapun menjadi lebih mudah, murah, dinamis, atraktif, ekspresif, kreatif dan imajinatif. Tentu saja, semua memiliki dua sisi yang selalu berdampingan, sisi positif dan negatif. Lagi-lagi itupun tergantung Fikiran penggunanya (user), mau dikembangkan menjadi sarana ekspresi positif atau sebaliknya.
Sebagai penutup sementara tulisan ini, ada sebuah pepatah dari seorang motivator yang mengatakan, OTAK, HATI, JIWA DAN PERASAAN ADALAH MODAL UTAMA KEHIDUPAN, SEDANG SEMESTA JAGAT RAYA HANYA MERESPONS, MENYEDIAKAN DAN MEWUJUDKAN. MENJADI PECUNDANG ATAU PEMENANG ADALAH KEADAAN FIKIRAN. BEGITU PILIHAN DITETAPKAN, MAKA ALAM AKAN MENJAWAB DAN MENGHANTARKAN..... Okeh bror dan Shohib-shohib semua...Selalulah berfikir positif dan imajinatif dan tak bosan untuk terus berkarya kreatif. Dengan itu, hidup akan terasa lebih bermakna dan berharga.
Insya Allah pada tulisan berikutnya, akan kita bahas keterkaitan Islam, Al Qur'an dengan Fikiran.

0 komentar

Poskan Komentar