Jumat, 06 Maret 2015

GURU TK, GURU DUNIA

Menjadi guru TK? Mengapa tidak?

Disamping pendidikan orangtua, ternyata guru TK/PRA SEKOLAH, memegang peranan penting, mengenalkan anak pada dunianya. Menghantarkan anak untuk bisa membaca, menulis, mengaji, mengenalkan sang Pencipta, menggambar, bersosialisasi dan mengekspresikan dirinya, sehingga menjadi bagian dari proses penting menghadapi dan menjalani masa depannya. Oleh karenanya, Guru TK adalah guru dunia, yang harus serba bisa, bernyanyi, bercerita, berdoa, menjadi ibu kedua sekaligus teman setia, ia bagaikan seorang instruktur motivator, konselor, sekaligus aktor teaterikal dalam menciptakan suasana belajar yang hangat, terbuka dan ceria. Dan yang lebih penting, guru TK adalah pembentuk karakter awal belajar anak, sehingga terbentuk karakter pembelajar sejati, cinta ilmu, bersikap terbuka dan berani bermimpi dan bercita-cita, yang sangat penting bagi masa depan anak, agar bisa meraih kehidupan terbaik di masa depannya.

Guru TK adalah Guru Dunia

Dunia anak adalah dunia unik. Golden Age (Usia emas) ada di dalamnya. Sentuhan pendidikan anak di awal, begitu menentukan dan sangat berarti. Oleh karenanya, penentu kesuksesan dan keberhasilan proses pendidikan tersebut adalah tenaga pendidik/guru. Tenaga pendidik yang profesional, berakhlak, cerdas, kreatif, inovatif, bervisi dan berwawasan adalah sebuah keniscayaan, bahkan menjadi kebutuhan mendesak, di tengah arus ketatnya persaingan lokal, regional, nasional dan global (global competition) yang tak bisa ditolak dan dihindari oleh siapapun dan di manapun, tentu saja dengan harapan, agar setiap anak negeri tetap bisa survive, tidak tertinggal oleh bangsa-bangsa lain dan menjadi pemilik penuh tanah air negerinya sendiri. 


 

Mengingat tingginya permintaan akan tenaga pendidik pra sekolah (Play Group, PAUD, RA/TK/TKI) di berbagai tempat dan daerah, sementara tenaga guru yang ada dan tersedia sampai sekarang, ternyata belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut, maka kami membuka program PROFESIONAL 1 TAHUN TERAMPIL PGTKQ (Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Al Qur'an), untuk para siswi lulusan SLTA/SMU/ALIYAH/Sederajat, maupun yang sudah aktif mengajar, untuk dididik dan dibina menjadi tenaga pendidik pra sekolah yang aktif, kreatif, ekspresif, profesional dan berdaya saing di bidangnya.
Cukup 1 Tahun Kuliah di PGTKQ Tarbiyatun Nisaa, Siap Berkarya Menjadi Guru TK Luar Biasa....



TUJUAN dan TARGET PEMBELAJARAN
Melahirkan tenaga pendidik profesional Pendidikan Pra Sekolah (Play Group, RA/TK/TKI) yang memiliki multi keterampilan:
  1. Terampil membaca Al Qur’an secara tartil sesuai dengan kaidah Tajwid
  2. Terampil mengajar di hadapan anak-anak (Play Group, PAUD, dan RA/TK).
  3. Terampil membuat alat peraga dan berbagai pengembangan media pembelajaran
  4. Terampil dan menguasai salah satu musik untuk kegiatan pembelajaran
  5. Kecerdasan serta keterampilan profesional dalam mengelola dan mengembangkan institusi RA/TK/TKI-TKQ/TPQ/TQA sebagai lembaga pendidikan Pra Sekolah yang memiliki keunggulan kualitatif dan kompetitif (berdaya saing).
  6. Memiliki kompetensi profesional, personal dan sosial serta semangat idealisme edukatif untuk terus mengembangkan diri.
  7. Siap mengabdi dan mengembangkan sekolah alit dan siap bersaing serta mengembangkan diri di lingkungan sekolah elit



TEMPAT PENDAFTARAN
Kampus PGTKQ Terpadu Tarbiyatun Nisaa, Jl. Letkol Atang Senjaya Km. 2 Ds. Bantarsari Rc. Bungur Bogor 16310 Telp (0251) 7531735-7538113  Cp. Ucu Sulastri (081319003531) Dewi Utami (085880364197), Iman SM (081310621446)

PERSYARATAN
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Foto Copy KTP, Ijazah SLTA/SMU/Aliyah/Sederajat 1 lembar
  3. Surat Keterangan Sehat Dokter 1 lembar
  4. Pas Photo uk. 3x4 = 4 lembar
  5. Biaya Pendaftaran Rp 150.000,-

PERKULIAHAN
Dimulai bulan Juli 2015
Dibuka kelas reguler pagi dan siang hari
Dan kelas eksekutif, Sabtu dan Minggu

Pengumuman
Sekolah Islam Terpadu (SIT) Tarbiyatun Nisaa Bogor, Sekolah berbasis karakter, kesadaran Lingkungan dan Akhlak Islami. Membuka pendaftaran siswa/siswi baru T.A. 2015/2016, untuk tingkat: RA/TKQ - SDIT - SMP Full Day & Boarding School-TKQ/TPQ. Dibuka sejak bulan Januari s/d Juni 2015. Dan menerima pendaftaran mahasiswi baru program 1 tahun terampil PGTKQ (Pendidikan Guru TK. Al Qur'an). Dibuka sejak Maret s/d Juni  2015, Kuliah dimulai Bulan Juli  2015.

5 komentar:

  1. peran guru tk memang sangat besar dalam mempersiapkan seorang anak untuk memasuki pendidikan dasar sampai ke perguruan tinggi, nice blog.

    BalasHapus
  2. betul sekali pa, terima kasih...

    BalasHapus
  3. Saya pernah mengikuti pendidikan LPGTK diMalang, saya sudah mulai mengajar, kemudian saya sekarang mengikuti perkuliahan S! di FKIP Bahasa dan Sastra, keinginan saya untuk membagi ilmu dengan anak-anak begitu menggebu-gebu, namun sayang, saya akhirnya mengajar dari satu tk ke satu tk yang yang dengan jangka waktu paling lama 1 bulan. Karena saya begitu sedih, sedih sekali, hampir semua tk yang saya masuki pola pikirnya berbisnis ria....kasian para guru tk, gajinya udah dikit, pekerjaannya banyak, ikhlas ke anak-anak, namun sayang para pengusaha TK kebanyakan tidak berdasarkan pada niat luhur sebagai pendidik......bagaimana anak-anak kita akan bermoral, kalau energi negatif yang ada dalam diri pengelola TK itu memancar ke jiwa anak-anak.....(NUR, Malang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mencari guru TK yang mau memulai dari awal. Saya ingin mengembangkan tanah waqaf utk pendidikan anak. Lokasinya sekitar 30 km dari Jakarta tapi masyarakatnya sangat miskin. Mungkin ada kenalan yang mau bergabung dengan saya. Terima kasih

      Hapus
  4. Betul sekali bu Ajeng, inilah awal dari tidak adanya ruh belajar, sehingga yang dirasa adalah rutinitas yang menjadi beban, tanpa ada rasa cinta, kasih dan sayang, terhadap anak2 didiknya.

    BalasHapus