RAGAM PERISTIWA PENTING DI BULAN RAMADHAN

Diposting oleh Tarbiyatun Nisaa - Senin, 13 Juni 2016, 09.50 Kategori: - Komentar: 0 komentar

RAGAM PERISTIWA PENTING 
DI BULAN RAMADHAN

Walaupun banyak postingan sejenis, namun tidak ada salahnya untuk direpost kembali, sekedar berbagi info, betapa hebat dan luar biasanya bulan Ramadhan ini. Ramadhan adalah bulan istimewa penuh dengan keberkahan. Bersamanya, banyak peristiwa atau momentum penting bagi umat Islam. Sejarah yang terjadi di masa lalu tersebut telah terekam oleh kaum muslim dari masa ke masa.

Banyaknya peristiwa penting tersebut, menandakan bahwa Ramadhan adalah bukan bulan biasa, melainkan bulan istimewa, bukan saatnya santai dan beristirahat karena shaum yang sedang dijalankan. Sebab kenyataanya, sejarah telah mencatatkan banyak momentum kemenangan yang diraih kaum muslimin,  bukan hanya menguji mental, fisik maupun emosi kaum muslim, namun juga pembuktian kemenangan dan kekuatan aqidah islamiyah. Berikut adalah beberapa lintasan sejarah tentang momen penting yang terjadi pada bulan Ramadhan:

1.    Turunnya Wahyu Pertama
Ibnu Katsir mengatakan bahwa Allah SWT menyanjung bulan Ramadhan atas bulan-bulan yang lain, yaitu dengan memilihnya sebagai bulan dimana Al Quran diturunkan di dalamnya. Ya, pada tanggal 17 Ramadhan Rasulullah menerima wahyu pertama di Gua Hira berupa Al Quran surat Al Alaq: 1-5. Al Quran juga melukiskan peristiwa penting itu sebagai berikut,“Bulan Ramadhan yang diturunkan di dalamnya Al Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan atas petunjuk itu, serta pemisah antara hak dan batil”. (QS. Al Baqarah : 185).

2.    Perang Badar


Perang Badar adalah pertempuran pertama yang dilakukan kaum Muslim setelah berhijrah ke Madinah melawan kaum Quraisy dari Mekkah. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 Hijriyah. Pertempuran berakhir dengan kemenangan pihak Muslim yang hanya berkekuatan 313 orang dan melawan sekitar 1000 kaum kafir Quraisy.  Allah SWT berkenan menerangkan kisah yang bersejarah ini di dalam Al Quran: "Dan sungguh Allah telah menolong kamu dalam Perang Badar, padahal kamu dalam keadaan lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, agar kamu mensyukuri-Nya." (QS. Ali Imran: 123)

3.    Peristiwa Fathu Makkah

Fathu Makkah merupakan peristiwa besar, dimana Muslim berhasil menguasai Kota mekah.. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata”. (QS. Al Fath: 1). Sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa yang dimaksud kemenangan di sini adalah peristiwa Fathu Makkah. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 21 Ramadhan, tahun 8 hijriyah. Di bulan yang sama pula Khalid bin Walid menghancurkan patung Uzza.

4.    Thariq Bin Ziyad Menaklukan Andalusia



Andalus ditaklukkan pada bulan Ramadhan. Pada 28 Ramadhan tahun 92 H, pasukan Islam yang dipimpin oleh Thariq bin Ziyad berhasil memasuki Andalus dari arah pesisir, ini adalah hal yang diluar  dugaan, sehingga Roderick, penguasa Visigoth Spanyol segera mempersiapkan pasukannya yang  berjumlah 25.000. Setelah menguasai Jabal Thariq dan membakar kapal-kapal yang telah digunakannya, Thariq bin Ziyad berkhutbah di depan pasukannya: ”Lautan dibelakang kalian! Musuh di depan kalian!”. Lalu pecahlah pertempuran antara 12.000 pasukan Muslimin melawan 100.000 tentara Roderick. Yang berakhir dengan tercerai-berainya pasukan Visigoth dan tewasnya Roderick.

5.    Umat Islam Mengalahkan Tentara Mongol (Peristiwa Ain Jalut)

Pada tanggal 15 Ramadhan tahun 658 Hijriyah, umat Islam berhasil mengalahkan 20.000 tentara Mongol di bawah pimpinan Hulagu Khan, cucu Genghis Khan. Perang ini terjadi di Ain Jalut, Palestina Utara. Sehingga peperangan ini dikenal dengan peristiwa ‘Ain Jalut. Para sejarawan menganggap bahwa peristiwa ini amat penting dalam sejarah penaklukan bangsa Mongol di Asia Tengah, dimana pasukan Mongol mengalami kekalahan telak atas kaum Muslimin dan tidak mampu membalas kekalahan itu

6.    Kemenangan Salahuddin Al Ayyubi



Pada bulan Ramadhan 583 H, panglima Salahuddin Al Ayyubi, yang di Eropa terkenal dengan sebutan Saladin, mencapai kemenangan gemilang dengan memukul mundur pasukan Salib pada beberapa medan pertempuran, serta membebaskan sebagian besar daerah yang telah diduduki tentara Salib, di antaranya dapat merebut kembali  Kota Yerusalem dan menawan Raja Yerusalem.

7.    Proklamasi Kemerdekaan RI





Proklamasi kemardekaan Indonesia dikumandangkan pada bulan Ramadhan. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan yang telah mendera bangsa yang mayoritas muslim ini, peristiwa itu terjadi pada Jumat terakhir di bulan Ramadhan.

Menjelang dan selama bulan Ramadhan 1437 H, YAYASAN WAKAF TARBIYATUN NISAA BOGOR, siap  kembali menampung, menghimpun dan menyalurkan INFAQ, SHADAQOH, ZAKAT, WAKAF Bapak/Ibu/Sdr/Sdri. Pemberian bisa dilakukan dengan cara: 
a. Transfer melalui rekening bank
b. Diberikan langsung ke tempat kami
c. Atau petugas kami yang menghubungi
Teriring doa dari kami, mudah-mudahan kita masih diberikan keesempatan melaksanakan Ibadah Shaum Ramadhan, dalam keadaan sehat walafiyat, aman, tenang dan nyaman.  Dan semoga bentuk kebaikan yang Bapak/Ibu/Sdr/Sdri, akan menambah keberkahan nilai ibadah Shaum Ramadhan yang dijalankan, dan mendapat balasan Allah SWT dalam bentuk kemudahan, kemurahan dan keberlimpahan. Amin Ya Rabbal 'Alamin....

0 komentar

Posting Komentar