MENGASAH BACA MENGOLAH BISA

Diposkan oleh Tarbiyatun Nisaa - Kamis, 05 Maret 2015, 16.11 Kategori: - Komentar: 0 komentar

MARI MEMBACA YUK!
GERAKAN DONASI BACA
SMP AHSANA TARBIYATUN NISAA

  1. Dengan membaca kita memasukkan dunia ke dalam pikiran kita.
  2. Orang yang rajin membaca bagaikan sedang melihat masa lalu dan masa depan. Hadir di setiap sejarah, dan hadir di setiap imajinasi orang-orang hebat.
  3. Salah satu hadiah paling berharga untuk anak anda, adalah kesenangan membaca.
  4. Jika anda mendidik anak anda untuk membaca, Anda sedang melahirkan orang hebat yang berpengaruh di masa depan.
  5. Satu buku yang anda baca, bisa jadi lebih berharga dari mobil mewah yang dihadiahkan padamu.
  6. Anda akan sadar, bahwa sebagian besar solusi yang anda temukan hari ini berasal dari bacaan-bacaan dimasa lalu.
  7. Dengan membaca, anda menjadi sahabat orang-orang hebat.
  8. Jika anda ingin menjadi orang hebat, maka bacalah buku-buku yang ditulis orang-orang hebat. Karena di dalamnya terselip rahasia-rahasia sukses mereka.
  9. Setiap buku yang anda baca hari ini akan menyelamatkan anda berkali-kali dimasa depan.
  10. Kita berdoa untuk diberikan jalan keluar. Padahal jalan keluarnya telah banyak ditulis di buku-buku berkualitas.
  11. Banyak membaca adalah cara untuk menjadi orang beruntung.
  12. Setiap orang hebat meninggalkan warisan. Dan warisan paling berharga mereka tertanam dalam buku yang mereka tulis. Beruntunglah orang-orang yang senang membaca, karena mereka akan mendapatkan warisan paling berharga dari orang-orang hebat.
  13. Setiap kali anda membaca, anda menjadi pribadi yang baru.
  14. Orang-orang tertarik untuk mencari harta karun. Padahal membaca adalah mencari harta karun yang paling berharga.
  15. Jika dunia selalu tertutup untuk anda, maka membacalah, karena membaca adalah pintu dunia.
  16. Anda mungkin hidup di pedalaman. Tapi saat anda rajin membaca, anda lebih berwawasan dari beberapa orang kota.
  17. Membaca membutuhkan kemampuan. Dan kemampuan membaca adalah invesatasi berharga dalam kehidupan anda.
  18. Di dunia ini kita akan menemukan banyak ilusi. Dan membaca akan menghilangkan ilusi tersebut.
  19. Jika anda bersahabat dengan buku, maka anda tidak pernah kesepian. Karena buku mampu membuat anda hidup ceria.
  20. Belajarlah bahasa huruf, sehingga anda bisa membaca tulisan, belajarlah bahasa alam, sehingga anda bisa membaca jutaan hikmah dari alam. Belajarlah bahasa kehidupan, sehingga anda bisa membaca arti dari setiap kejadian.
  21. Huruf-huruf buku berkualitas tidak pernah berubah. Tapi setiap kali anda membacanya, anda selalu menemukan pengertian baru seakan-akan hikmah itu tidak pernah ditulis sebelumnya.
  22. Membaca adalah aktifitas yang membuat sengsara. Kecuali anda telah menemukan keindahan dari membaca.
  23. Membaca adalah aktifitas menyenangkan, dan menghasilkan hal-hal menyenangkan.
  24. Jika anda tidak pernah membaca, maka pemahaman anda pada dunia masih kabur.
  25. Orang yang rajin membaca buku, memiliki umur yang panjang. Karena ia mampu berkelana ke ribuan tahun silam.
Buku adalah jendela dunia. Dengannya ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang. Dan salah satu cara menyelami pengetahuan itu sendiri adalah dengan membacanya. Membaca tidak hanya sebatas aktifitas belajar mengajar. Membaca adalah manifestasi dari sebuah peradaban. Tidak ada satupun peradaban besar di dunia ini tanpa masyarakatnya yang gemar membaca dan mencintai ilmu pengetahuan.






Santri di Pondok Pesantren Ahsana Tarbiyatun Nisaa menyadari hal tersebut. Hal itu kemudian diwujudkannya dalam sebuah Program Santri yang diberi nama Donasi Baca Santri”. Ini merupakan bentuk kecintaan santri terhadap ilmu pengetahuan.



Program gerakan membaca ini sudah dimulai pada bulan Januari tahun 2015 dan kemudian launching di bulan februari. Ini merupakan program pertama kepengurusan Himpunan Santri Ahsana Tarbiyatun Nisaa atau disingkat Histansa. Tagline yang diambil pada awalnya adalah “ Dari santri, Oleh Santri dan Untuk santri, mari kita wujudkan generasi Islam yang cinta terhadap Buku dan Ilmu”. Konsepnya sangat sederhana. Santri bersama guru mendonasikan sebagian dari rezekinya yaitu senilai Rp. 1000,-  setiap harinya. Uang donasi ini dikumpulkan untuk kemudian disalurkan untuk membeli buku-buku yang bermanfaat serta fasilitas program gerakan membacanya.  



Namun tidak menutup kemungkinan bagi para dermawan, donatur dan simpatisan, yang tertarik untuk ikut membantu program ini, bisa berupa bantuan uang ataupun buku-buku yang masih layak untuk dibaca. Untuk jangka panjangnya, program membaca ini, menjadi program bersama, tidak hanya untuk kalangan siswa/siswi SMP AHSANA Tarbiyatun Nisaa saja, tapi bagi siapa saja yang senang membaca, bisa ikut terlibat program ini. Apalagi kalau ada yang ikut menyumbang untuk membangun perpustakaan sekolah yang besar, luas, dengan koleksi buku lengkap dan tempat yang nyaman.   Insya Allah.....


LDK HISTANSA

(LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN)

Sesuai dengan VISI SMP Ahsana, yaitu mempersiapkan kader-kader pemimpin di masa depan, maka kegiatan dasar yang harus diikuti oleh siswa/siswi baru adalah LDK atau DIKLAT. Pendidikan dan latihan (DIKLAT) Kepemimpinan untuk kepengurusan Himpunan Santri SMP Ahsana Tarbiyatun Nissa periode 2015-2016 resmi berakhir  tanggal 1 Januari 2015 kemarin. Acara yang dilangsungkan selama kurang lebih tujuh hari (25 Desember 2014 M s/d 01 Januari 2015 M),  merupakan kegiatan rutin tahunan santri di lingkungan Pondok Pesantren Ahsana Tarbiyatun Nisaa.







Kegiatan ini bertujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan santri sebagai calon pemimpin di masa depan. Materi yang diberikan terbilang menarik. Selama 4 hari awal mereka diberi arahan oleh kakak pembimbing dalam kegiatan yang bertemakan tentang kedisiplinan. 







Setelah itu 2 hari berikutnya mereka diberi materi tentang seni kepemimpinan, seperti teori organisasi, berbicara di depan umum (Public Speaking) dan tak lupa pula tentang kiat mengelola sebuah organisasi. Di hari terakhir, mereka menjalani kegiatan Outbond untuk mempertebal mentalitas dan kekuatan fisiknya. Kemudian malamnya menjalani kegiatan pelantikan sebagai pengurus baru, tentu saja tak dilupakan diisi acara hiburan dan  makan besar bersama. 










0 komentar

Poskan Komentar