Sabtu, 14 Januari 2017

RAGAM PERISTIWA, RAGAM CERITA-2

PGTKQ 
(Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Al Qur'an)

Didirikan tahun 1991. Telah meluluskan 25 Angkatan. Jumlah alumni diperkirakan mencapai 1150 orang. Tersebar di berbagai daerah di hampir seluruh pelosok Nusantara. Sebagian ada menjadi Kepala Sekolah,  guru, ustadzah, penceramah, pengusaha, ibu rumah tangga biasa, ada juga yang jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil).   






















TKQ/TPQ
(Taman Kanak-kanak/Taman Pendidikan Al Qur'an)

Didirikan tahun 1990. Pada awalnya berbentuk Madrasah Diniyah, setelah muncul metode IQRO', maka berubah menjadi TKQ/TPQ. Belajar diselenggarakan mulai pukul 13.00 s/d 16.00.  Input siswa yang masuk sangat pluktuatif.  Mungkin karena waktu belajar setelah mereka sekolah formal di TK atau SD di daerahnya masing-masing. Konsentrasi program fokus pada pembelajaran Al Qur'an; membaca, menulis, menghafal Al Qur'an dilengkapi dengan  praktik ibadah dan doa-doa harian.


















KEGIATAN
SOSIAL KEMASYARAKATAN

Majelis Ta'lim Kaum Ibu
Kegiatan ini dimulai sejak tahun 1988, berbarengan dengan pendirian Pesantren Tarbiyatun Nisaa. Rutin dilaksanakan setiap hari Selasa. Jama'ah rutin yang hadir, rata-rata 210 jama'ah. Namun, jumlahnya bisa 2x lipat, manaka ada program santunan dan pemberian bingkisan bagi para janda, jompo dan anak-anak yatim, yang rutin dilaksanakan setiap Ramadhan. 














KHITANAN MASSAL
Khitan adalah peristiwa istimewa bagi setiap pria. Karena, hanya sekali seumur hidup. Kegiatan ini dilakukan insidental. Tergantung kebutuhan dan permintaan. Lebih kurang sudah 7x dilakukan, bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Islam, Bazis Bogor dan Puskesmas setempat.










PELATIHAN IMAM DAN KHOTIB

Kegiatan ini diselenggarakan, sebagai upaya kaderisasi da'i dan khotib kalangan umat Islam, terutama masyarakat Bogor dan sekitarnya. Lebih kurang 7x kegiatan ini diselenggarakan. Bekerjasama dengan Bazis dan MUI Kabupaten Bogor, tokoh masyarakat dan dana penyelenggaraan berasal para donatur dan simpatisan. Sejak pertama kali diadakan, hingga kini jumlah alumni peserta pelatihan 225 0rang.  




















KEGIATAN SANTUNAN YATIM, 
JANDA DAN JOMPO

Kegitan ini rutin diadakan setiap Ramadhan. Namun ada juga yang bersifat dadakan, saat seseorang donatur dermawan atau lembaga tertentu ingin berbagi dengan para yatim, janda dan jompo. Dana yang diberikan berasal dari para donatur, dermawan, hartawan dan simpatisan, baik yang bersifat perorangan maupun lembaga swasta maupun pemerintah. 














KEGIATAN TABLIGH AKBAR
DAN FESTIVAL LOMBA SENI ISLAMI
Kegiatan ini dilakukan insidental, tergantung situasi, kondisi dan tuntutan. Namun untuk kegiatan Festival Lomba Seni Islami rutin diselenggarakan bertepatan dengan Milad Pesantren Tarbiyatun Nisaa.  

























Pengumuman
Sekolah Islam Terpadu (SIT) Tarbiyatun Nisaa Bogor, Sekolah berbasis karakter, kesadaran Lingkungan dan Akhlak Islami. Membuka pendaftaran siswa/siswi baru T.A. 2017/2018, untuk tingkat: RA/TKQ-SDIT-SMP-TKQ/TPQ. Dibuka sejak bulan Januari s/d Juni 2017. Dan menerima pendaftaran mahasiswi baru program 1 tahun terampil PGTKA (Pendidikan Guru TK. Al Qur'an). Dibuka sejak Maret s/d Juni  2017, Kuliah dimulai Bulan Juni  2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar