BEBERESIH

Diposkan oleh Tarbiyatun Nisaa - Minggu, 26 Februari 2017, 07.00 Kategori: - Komentar: 0 komentar

BERSIH ITU INDAH

Bersih itu indah
Bersih itu sehat
Bersih itu kuat
Siapapun senang

Di rumah bersih
Di sekolah bersih
Di mesjid bersih
Lingkungan Nyaman

النظافة من الإيمان
Bersih itu bagian dari Iman
Umat Islam cinta kebersihan

Syair di atas merupakan lagu anak-anak tentang kebersihan.  Ajaran Islam identik dengan kebersihan. Bersih lahir batin, jasmani ruhani, luar dalem, atas tengah sampe bawah. Di manapun, kapanpun dan bagaimanapun, Islam menganjurkan umatnya untuk selalu cinta dan menjaga kebersihan. 

"Sesungguhnya Allah mencintai orang yang bertaubat dan mencintai orang yang selalu bersih..... "(Qs. Al Baqoroh 222).

Walaupun dalam kenyataannya, termasuk di Indonesia, masih banyak Umat Islam yang jorok, buang sampah sembarangan, membiarkan sampah bergeletakan dan perilaku tidak bersih lainnya. Berbeda kebalikannya dengan Jepang dan Singapura serta sebagian negara Eropa, walaupun bukan mayoritas muslim, tapi masyarakat di sana, benar-benar menjaga kebersihan, sehingga menjadi bagian dari pribadi dan karakter bangsanya. 

Suasana Beberesih 
Itulah yang dicoba selalu dipraktikkan di lingkungan Pesantren Tarbiyatun Nisaa, walaupun tidak sempurna, benar-benar bersih, minimal kesadaran beberesih sudah ditanamkan. Dari mulai kebersihan kamar mandi, ruang tidur, ruang belajar, lingkungan sekitar dalam dan luar pesantren, termasuk Jembatan dan Kali Cidepit.  

Beberesih Jembatan  










Membersihkan Kali Cidepit
Kali Cidepit, merupakan salah satu kali kecil, merupakan pecahan dari Sungai Cisadane, yang membentang dari Mantarena Bogor sampai jauh ke daerah Rancabungur Bogor. Sama seperti kali-kali kecil di wilayah Bogor, hampir rata-rata dipenuhi sampah. Dari mulai plastik, stereoform, bekas-bekas makanan, potongan pepohonan, sampai kursi dan kasurpun dibuang ke sungai.  Bila musim penghujan tiba, ribuan kibik sampah mengalir memenuhi sungai, dan bila musim kemarau, bau busukpun terkadang tercium dari sampah-sampah yang mengering. Sebuah ironi memang. 












Walaupun sebatas di depan komplek Pesantren, minimal kegiatan beberesih sungai, mengajarkan kepada para santri untuk peduli can cinta kebersihan, serta berkontribusi untuk selalu menjaga dan memelihara lingkungan termasuk kebersihan sungai. 


Pengumuman

Sekolah Islam Terpadu (SIT) Tarbiyatun Nisaa Bogor, Sekolah berbasis karakter, kesadaran Lingkungan dan Akhlak Islami. Membuka pendaftaran siswa/siswi baru T.A. 2017/2018, untuk tingkat: RA/TKQ-SDIT-SMP-TKQ/TPQ. Dibuka sejak bulan Januari s/d Juni 2017. Dan menerima pendaftaran mahasiswi baru program 1 tahun terampil PGTKA (Pendidikan Guru TK. Al Qur'an). Dibuka sejak Maret s/d Juni  2017, Kuliah dimulai Bulan Juni  2017.


0 komentar

Poskan Komentar