Sabtu, 03 Juni 2017

PANDUAN AL QUR'AN JALANI KEHIDUPAN

PANDUAN AL QUR’AN
DALAM BERGERAK, BERBUAT, BERJALAN
DAN BERLARI

Sebenarnya tulisan ini cukup lama  viral di Media Sosial: WA, FB, LINE, Instagram, blogspot, dan lain-lain. Namun tidak ada salahnya untuk diposting ulang, mengingat isinya cukup menarik untuk kita simak bersama-sama, sebagai panduan dalam menjalani hidup dan kehidupan di dunia fana ini.

Beginilah al-Qur’an bertutur, membuat sebuah panduan yang berharga untuk setiap muslim, bahwa apa yang kita tuju menentukan cara kita untuk sampai kepadanya......

(1) URUSAN Berdzikir (Sholat atau mengingat Allah), perintahnya adalah “Berlarilah!” “Wahai orang yang beriman, apabila kalian diseru untuk menunaikan sholat Jum’at, maka BERLARILAH kalian MENGINGAT Allah dan tinggalkanlah jual beli.” (QS. Al-Jum’ah : 9)

  
9. Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli  yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.


(2) Urusan melakukan KEBAIKAN, perintahnya adalah “Berlombalah!”
“Maka BERLOMBA-LOMBALAH dalam berbuat KEBAIKAN.” (QS. Al-Baqarah : 148)


Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.


(3) Uruan meraih AMPUNAN, perintahnya adalah “Bersegeralah!”
“Dan BERSEGERALAH kamu menuju AMPUNAN dari Tuhanmu dan menuju SURGA…” (QS. Ali Imron : 133)



133. dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,


(4) Urusan menuju ALLAH, perintahnya adalah “Berlarilah dengan cepat!”
“Maka BERLARILAH kembali ta’at kepada ALLAH.” (QS. Adz-Dzaariyat : 50)


50. Maka segeralah kembali kepada (mentaati) Allah. Sesungguhnya aku seorang pemberi peringatan yang nyata dari Allah untukmu.


(5) Namun urusan mencari atau menjemput RIZKI (Duniawi), perintahnya HANYALAH “Berjalanlah!”

“Dialah yang menjadikan bumi mudah bagimu, maka BERJALANLAH di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari RIZKI-Nya.” (QS. Al-Mulk : 15)


  15. Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, Maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.

Penjelasan ayat Al Qur’an di atas, mengajarkan kepada kita, kapan seharusnya kita BERLARI BIASA atau BERLARI CEPAT, atau bahkan cukup hanya  BERJALAN saja, tidak usah tergesa-gesa.

Mungkin karena cara persepsi atau mindset  kita yang salah selama ini, hingga terkadang kita tersiksa, lelah, letih bahkan tak sedikit yang stress karena berlari mengejar-ngejar dunia, yang sebenarnya cukup dengan BERJALAN SAJA.

Mudah-mudahan Allah SWT selalu membimbing kita, agar tetap setia dan ta'at menjadi hamba Nya, dan selalu istiqomah  dalam menjalani segala perintah dan menjauhi segala laranga Nya.  Amien Ya Robbal 'Alamin .....

Wallaahu a'lam bish shawwab.

Menjelang dan selama bulan Ramadhan 1438 H, YAYASAN WAKAF TARBIYATUN NISAA BOGOR, siap  kembali menampung, menghimpun dan menyalurkan INFAQ, SHADAQOH, ZAKAT, WAKAF Bapak/Ibu/Sdr/Sdri. Pemberian bisa dilakukan dengan cara: 
a. Transfer melalui rekening bank
b. Diberikan langsung ke tempat kami
c. Atau petugas kami yang menghubungi
Teriring doa dari kami, mudah-mudahan kita masih diberikan keesempatan melaksanakan Ibadah Shaum Ramadhan, dalam keadaan sehat walafiyat, aman, tenang dan nyaman.  Dan semoga bentuk kebaikan yang Bapak/Ibu/Sdr/Sdri, akan menambah keberkahan nilai ibadah Shaum Ramadhan yang dijalankan, dan mendapat balasan Allah SWT dalam bentuk kemudahan, kemurahan dan keberlimpahan. Amin Ya Rabbal 'Alamin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar