top
down

DI BALIK PERINGATAN MUHARRAM 1437 H

Diposting oleh Tarbiyatun Nisaa - Minggu, 01 November 2015, 04.58 Kategori: - Komentar: 0 komentar

Walaupun sudah mau berakhir, namun tidak ada salahnya untuk mengungkap kembali keutamaan Bulan Muharram.  Sebagai bulan pertama tahun Hijriyah, yang ditetapkan oleh Khalifah Umar ibn Al Khattab, Muharram bulan penuh keistimewaan, menyimpan banyak makna yang patut ditafakkuri dan diapresiasi. Muharram tidak saja menandai awal tahun menurut penanggalan Islam, namun di dalamnya juga tersimpan hari mulia "Asyura" yang mencatat sejarah penting dan senantiasa dikenang dan diperingati sepanjang zaman oleh kaum Mukminin antara lain:
  1. Hari Asyura dikenang sebagai hari di mana Allah menyelamatkan Nabi Nuh a.s. dari bencana banjir dan menenggelamkan musuh-musuh-Nya.
  2. Asyura juga dikenang sebagai hari Allah menyelamatkan Musa a.s. dari kejaran Fir'aun dan tentaranya. Itulah sebabnya umat Yahudi dan umat Nasrani mengagungkan hari ini.
  3. Nabi Nuh dan Musa diriwayatkan melakukan puasa pada hari ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah atas kemenangan yang diberikan kepadanya.
  4. Umat Yahudi melakukan puasa pada hari Asyura dan menjadikannya sebagai hari raya. Konon kaum Quraish di masa jahiliyah juga melakukan puasa pada hari Asyura dan mereka menjadikannya hari keramat dimana pada hari itu mereka menjalankan tradisi mengganti kiswah Ka'bah.
  5. Ketika Rasulullah berhijrah, beliau mendapati penduduk kota Madinah melakukan puasa pada hari Asyura. Seorang Yahudi mengatakan kepada Rasulullah bahwa Asyura adalah hari agung dimana Allah menyelamatkan Bani Israil dari ancaman musuhnya, sehingga Musa berpuasa pada hari itu, Rasulullah pun menjawab "Aku lebih berhak atas Musa dari kalian" (HR. Bukhory Muslim/Sahihain), lalu beliau berpuasa dan memerintahkan umatnya berpuasa.
  6. Pada masa awal Islam, puasa Asyura adalah wajib bagi setiap muslim hingga turun ayat yang mewajibkan puasa bulan Ramadhan. Di mata Rasulullah s.a.w. hari Asyura begitu istimewa, beliau senantiasa melaksanakan puasa pada hari ini dan memerintahkan umatnya berpuasa demi rasa solidaritasnya kepada saudara seperjuangannya Nuh dan Musa a.s., bahkan pada tahun terakhir kehidupan Rasulullah beliau bersabda "Insya Allah tahun depan saya juga akan berpuasa" (Ashab Sunan) namun ajal telah menjemput beliau sebelum sempat menyempurnakan tahun itu.
  7. Asyura bagi umat Islam juga menampilkan kilas balik tragedi Karbala yang telah merenggut kedua cucu tercinta Rasulullah s.a.w, Hasan r.a. dan Husain r.a.. Lebih dari itu Karbala adalah tragedi yang menyadarkan kita betapa anarkisme, kekerasan dan tindakan tidak berperikemanusiaan telah menjadi noktah hitam sejarah umat Islam yang tidak akan pernah layak untuk terulang kembali.
  8. Masyarakat kita juga banyak menjalankan beberapa tradisi beragam berkaitan dengan hari Asyura. Ini menandakan betapa mengakarnya hari Asyura dalam tradisi dan budaya sebagian masyarakat kita.






















Setiap pergantian tahun, baik masihiyah maupun hijriyah, setiap muslim dituntut untuk melakukan introspeksi. Mempertanyakan perjalanan hidupnya selama ini. Apakah telah banyak amal kebaikan yang telah dilakukan sebelumnya, ataukah sebaliknya? Dan rencana ragam kebaikan apa yang akan dilakukan, menjelang tahun baru yang akan dijelang? Karena pada hakikatnya, hidup manusia berproses menuju kematian. Sudah menjadi keyakinan, bahwa setiap amal perbuatan manusia, akan dipertanggungjawabkan di sisi Nya.







1 Muharam - Khalifah Umar Al-Khattab yang pertama kali menetapkan peristiwa hijriyah sebagai tahun penanggalan kaum muslimin.
10 Muharam - Dinamakan juga hari 'Asyura'. Pada hari itu banyak terjadi peristiwa penting yang mencerminkan kegemilangan bagi perjuangan yang gigih dan tabah bagi menegakkan keadilan dan kebenaran.








Pada 10 Muharam juga telah terjadi berbagai peristiwa penting, diantaranya:
  1. Nabi Adam bertaubat kepada Allah.
  2. Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit.
  3. Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama enam bulan.
  4. Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud.
  5. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa.
  6. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara.
  7. Penglihatan Nabi Yaakob yang kabur dipulihkkan Allah.
  8. Nabi Ayub dipulihkan Allah dari penyakit kulit yang dideritainya.
  9. Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama  40    hari 40 malam.
  10. Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari kejaran tentara  Firaun.
  11. Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah.
  12. Nabi Sulaiman dikurniakan Allah kerajaan yang besar.
  13. Hari pertama Allah menciptakan alam.
  14. Hari Pertama Allah menurunkan rahmat.
  15. Hari pertama Allah menurunkan hujan.
  16. Allah menjadikan 'Arasy.
  17. Allah menjadikan Luh Mahfuz.
  18. Allah menjadikan alam.
  19. Allah menjadikan Malaikat Jibril.
  20. Nabi Isa diangkat ke langit.
Referensi: Dari berbagai sumber

0 komentar

Posting Komentar